honda berencana membuat RCV 213V versi jalan raya, yamaha pun siapkan mesin 3 silinder berteknologi motogp, rivalitas yang panas :D

67
446

pemirsa sudah pada tahu kan panasnya rivalitas dan adu itas 😀 kedua pabrikan ini,

dari segala aspek, penjualan, desain, teknologi, motogp, sampai balap bebek, pokoknya GONTOK_GONTOKAN

honda punya motor kencang di motogp, honda rc2013v

rcv213v

kalau yamaha punya motor dan rider yang BEDJO, sekaligus mesin yang mumpuni 😀

yamaha m1 2013

lanjut

denger-dengar dari lek iwb kalau honda berniat menelurkan motorsport turunan dari honda rcv213v yang terkenal kencang dengan V-enginenya di hadirkan ke jalan raya, eh? honda beneran nih, wow wow wo,,,hebohkah????

tag kalah panas, yamaha pun memperkenalkan mesin terbarunya 3 silinder inline yang katanya mengaplikasikan teknologi motogp, yamaha YZR-M1 yang 4 silinder inline, ( sumber, otomotifnet )

Partner
IRC
Honda
FDR

apa sih teknologi motogp yang bakal tersemat kedalam si mesin 3 silinder kalau diasli silinder sama forged piston mah bebek yamaha indonesia dah banyak yang pakai, namun kali ini yamaha menyematkan fitur CROSPLANE cranksaft di mesin 3 silindernya, ( tercatat baru YZR-M1 dan R1 yang pake sitem crossplane ),

Crossplane crankshaft adalah konstruksi kruk as yang mengatur tata letak bergeraknya masing-masing piston dengan jeda tiap 90 derajat. Sedang mesin konvensional adalah pada 180 derajat tiap dua piston.

kalau 4 silinder 1 putaran cranksaft di bagi 4 = 90 derajat pergeseran antar siliner , kalau 3 silinder ya 360/3 = 120 derajat antar silinder ( teorinya, nggak tahu yamaha bikin crossplane model apa 😀 )

katanya sih crosplane cranksaft membuat torsi tak putus-putus, ngisi terusss bahasa mudahnya 😀

mesin baru yamaha

kayak apa ya CRV213V dan YZR-M1 versi jalanan jadinya, apakah memang wow, ataukan biasa wae 😀

di indonesia teknologi motogp udah disematkan di honda yakni LIVERY repsol, offset crankshaft, pgmFI,
kalau yamaha ya livery motogp yamaha, sama diasil cylinder forged piston
apa lagi ya, eh fitur muka pembalap motogp jugaa jadi iklan dimana-mana 😀

lha wong moge, ya kayaknya jarang di indonesia, pabrikanya ogah import, takut rugi.. 😀

salam ngawur 😀

67 KOMENTAR

  1. Di indonesia sih yamaha bisanya menelurkan mesin Sohc melulu,motor sport nya aja yang beredar di pasar tanah air pada umumnya semua nya masih mesin SOHC,entah sampai kapan Yamaho mau main mesin yg DOHC layaknya ninja 250 atau cbr 250 di tanah air yg harga nggak beda jauh dr kompetitor…,ini aja yamaho nggak bisa melakukan… Apalagi yg 3 piston mau masuk indonesia,yg dijual di setiap dealer nya yg secara umum… Seperti nya sangat Naif untuk di Indonesia

  2. gara2 ducati nih mulai,,mengaplikasikan teknologi balap utk motor jalan raya,,
    honda dan yamaha jadi ikut jg,
    tp knpa yamaha cuma 3 silinder ya?

  3. Crossplane crankshaft yamaha dulu diriset supaya mengurangi keliaran mesin inline4 terutama di tikungan tapi mesin jadi sperti kekurangan torsi karena terlalu halus

    jadi menurut yamaha mungkin Crossplane crankshaft lebih cocok untuk mesin 3 sylinder yg terkenal lebih liar dari inline 4 , jadi mungkin di motogp nanti yamaha bakal pake mesin 3 sylinder

  4. Trus kalau di jual di Indonesia, mau ngebut di mana tu motor. Masak motor mahal-mahal kluyurannya ke luar daerah mulu. gak bisa dibuat mejeng di kota besar yang muaaacetnya gak ketulungan !!!

  5. limited edition mestinya..
    Inceran para FBY dan FBH yg level.nya tingkat Dunia..
    Kalo FBY dan FBH tingkat kcamatan dan kabupaten..
    Ckup jupiter Z1 dan BLADE Livery MOTO GP..

  6. Nanti ada yang bilang kok 3 silinder? kn sebelah pake 4 silinder. Kayak yang pada di ributkan di sini, 1 silinder vs 2 silinder.

  7. 3 silinder, downgrade dong…. paling punya KR3 bekas mesin kenny robert yg 3 silinder dikembangin di malaysia ntu, dulu pernah dipake kenny robert junior hampir nomor 1 terus (dari belakang)

  8. Exstreme !! Tecnology moto GP aplikasi buat jalan raya, pasti gak bakal akan ada disini karena akselerasinya bikin sakit perut, buat jalanan macet seperti di sini. (padahal pengen tau banget aksi ego si rider saat membawa power besar yang sedang dihadapkan dengan kondisi psikis di jalanan milik umum, pasti bakalan seru 🙂 bahasanya dikit berat gini malahan.
    https://orderdesign.wordpress.com

  9. Ya Alloh,ya rohman,ya rohim..ya maalik,ya kuduus…gak boleh yamaha..hahaha..kuwi zikir kang,dungo mugo2 payu dagangane..

  10. 3 silinder mah gampang bikin jadi crossplane
    wong yg 2 silinder aja dibikin crossplane. liat aja tuh Super TENERE

    dan sisitem CPC bukan hanya baru diaplikasi di YZF-m1 & R1 sahaja,
    tapi sudah dulu ada di mobil V8

  11. mesin 3 silinder segaris mantap lho,dengan memakai poros engkol palang 3 seimbang, kita bisa setting firing order yg berbeda,kalo mau bigbang setting aja pake jeda durasi 120°,kalo mau screamer tinggal pake yg 240°.
    nah kalo penyebutan crossplane pada mesin 3 silinder segaris kayaknya kurang sregg deh.Cmiiw.

  12. mesin 3 silinder segaris mantap lho,dengan memakai poros engkol palang 3 seimbang, kita bisa setting firing order yg berbeda,kalo mau bigbang setting aja pake jeda durasi 120° kalo mau screamer tinggal pake yg 240°.
    nah kalo penyebutan crossplane pada mesin 3 silinder segaris kayaknya kurang sregg deh.Cmiiw.

  13. berbeda dgn mesin 4 silinder segaris yg mana bila menggunakan firing order screamer mau tak mau harus memakai poros engkol tipe flatplane ,yg konon katanya efek getarnya terlalu besar.
    jd pada dasarnya penggunaan firing order bigbang pd mesin M1 itu bukanlah tujuan utama,itu hanyalah efek dari aplikasi poros engkol tipe crossplane pada mesin 4 silinder segaris.bisa saja
    penggunaan poros engkol crossplane digabung dgn firing order screamer asal mesinnya berkonfigurasi V4 90°.Cmiiw

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.