MASIH BANYAK KLUB MOTOR pakai sirene, strobo : antara aku, klub motor, strobo, sirene, ROTATOR, dan TOA

12 januari 2012

judul postingan yang aneh ( ane aja heran )….

antara aku, klub motor, strobo, sirene, dan TOA

sudah umum ane lihat, mungkin pemirsa n pembaca juga mengalami, kalo bicara klub motor maumpun mobil  kalo jalan bareng, atau pun modip, tag lupa menyertakan kalu tidak lampu puter kalep kelip flash kamera alias STROBO, sirene kayak ambulan atau pak polisi, maupun sirene PLUS TOA sakalian buat pidato di kendaraan sipil mereka………….. ( ra melu2 )

sebelumnya ane nggak bermaksud menggurui atau sok tau atau sok hebat atau sok sokan, menggunakan dasar undang undang yang berlaku aja

baca UNDANG UNDANG DULU YUK

Pasal 59 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna: a. merah; b. biru; dan c. kuning.

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

b. lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c. lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan tata cara pemasangan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah.

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

PP No. 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi

Pasal 65

Dilarang memasang lampu pada kendaraan bermotor, kereta gandengan atau kereta tempelan yang

menyinarkan :

a. cahaya kelap-kelip, selain lampu penunjuk arah dan lampu isyarat peringatan bahaya;

b. cahaya berwarna merah ke arah depan;

c. cahaya berwarna putih ke arah belakang kecuali lampu mundur.

Pasal 66

Lampu isyarat berwarna biru hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :

a. Petugas penegak hukum tertentu.

b. Dinas pemadam kebakaran.

c. Penangulangan bencana.

d. Ambulans.

e. Unit palang merah.

f. Mobil jenazah.

Pasal 67

Lampu isyarat berwarna kuning hanya boleh dipasang pada kendaraan bermotor :

a. Untuk membangun, merawat, atau membersihkan fasilitas umum.

b. Untuk menderek kendaraan.

c. Untuk pengangkut bahan berbahaya dan beracun, limbah bahan berbahaya dan beracun, peti kemas dan alat berat.

d. Yang mempunyai ukuran lebih dari ukuran maksimum yang diperbolehkan untuk dioperasikan di jalan.

e. Milik instansi pemerintah yang dipergunakan rangka keamanan barang yang diangkut.

bisa baca kan undang-undang diatas????iso ra>????

namun kejadian dii lapangan jalan raya tak seperti peraturan, pemakaaian STROBO, sirene n toa malah menjadi GAYA hidup yang salah, klub,,,ya harus pakai gituan lah ,,cetus pengguna

hmm,,,,susah nih,,,,kalo nggak dari atas ( pimpinan klub )buat peraturan pelarangan bagi anggotanya, plus kesadaran individunya…

308213_199719423430445_100001771669914_428022_727271558_n (Medium)

waduh,,pake ROTATOR, ????

yuk disimak gambarnya,,,ini pas acara YVC kemaren ( semoga ada perubahan loo )

374745_2636151620896_1168646040_32256250_2115870464_n (Medium)

sirene, ….

386174_2636147860802_1168646040_32256248_29042749_n (Medium)

strobo…

395039_2636197302038_1168646040_32256265_1338172350_n (Medium)

sirene lagi

kalo ini di bebek, wow,,,TOA gan,,,jan tenan,,mau pidato

377530_2215921936661_1805986165_1413920_444812685_n (Medium)

wow,,,,,strobo lagi

381452_354326524582117_100000143182748_1539035_680038583_n (Medium)

halah,,,,,NMP ikut2an pake LENONG

398033_354315861249850_100000143182748_1539020_1169735869_n (Medium)

sirene plus strobo

402889_360748473941049_100000176994378_1628516_460396457_n (Medium)

image

terang2an ^^

kalo ini pas acara ultah byonic kemaren, ane sama mbak fauziyah sama lek chandra cuma ketawa ketiwi sambil mengelus dada sendiri melihat buanyaknya strobo, sirene, toa,,,ckckckckckc

381739_161435003959045_100002776394039_171808_91809328_n (Medium)

sirene ,,,,,,,,

070120120351 (Medium)

TOA pidato, strobo menyala nyala

hebatnya, dikritik oleh dulur2 blogger, ketuanyaBYSONIC jogja langsung merespon,,JANTANNN

image
^^ manteppp,,,langsung AKSI

pulsarian pun merespon

image

hayoo, yang lain gimana hayo,,,,,,
ane punya saran, kalo pngen LEGAL pake peralatan tersebut semua diatas,,,,jadilah motor ini

a. Petugas penegak hukum tertentu ( jadi pak polisi aja, legal n pekerjaan sehari-hari )

b. Dinas pemadam kebakaran ( motor bawa mesin SEMPROT air pemadam kebakaran )

c. Ambulans. ( motor buat angkut orang sakit )

e. Unit palang merah. ( motor buat angkut darah )

f. Mobil jenazah.( motor buat bawa mayat )

gampang to,,modip aja motor kalian seperti diatas,,pasti legal pake strobo sirene rotator n toa,,,,,,sip deh

di judul koq ada akunya????whats happen with me>>>

andai aja penggunaan alat2 alien tersebut diperbolehkan buat kendaraan sipil, maka ane pun dengan mudah akan pasang STROBO 400 LED, SIRENE banyak SUARA, rotator warna warni, PLUS DOUBLE TOA MASJID, mantatap to

MX double TOA (Medium)

namun , karena ane taat peraturan, maka di sepeda motor yang ane bawa, nggak ane kasih ke begituan……BUDAYAKAN MALUUUUUUUUUU MELANGGAR PERATURAN

peraturan diciptakan bukan untuk DILANGGAR,,,,MEMALUKAN’

maaf,artikel campuran ini panjang, bandwith killer, n dapet foto dari blog dulur2, asekkkkkkkk

semoga klub klub lain maupun penggunanya dapat berbenah, OK……..

kalo ini bukan termasuk alat LENONG loooo

381289_2628609752354_1168646040_32253935_1322411882_n (Medium)

kalau ada yang salah saya minta maaf

……

wonogiri sukses

asekkkkkkkkk

pertamax

ini ceritaku mana update-an mu

link :

http://pertamax7.wordpress.com/2011/11/20/jamnas-yvci-ke-2-di-waduk-gajah-mungkur-wonogiri/

http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/08/happy-1st-anniversary-byonic-jogjakarta/

http://otomotoshare.wordpress.com/2012/01/08/lautan-byson-diiringi-dengan-raungan-towa-dan-kerlipan-strobo

http://asmarantaka.wordpress.com/2012/01/10/saat-byonic-menyikapi-pemberitaan-sirbo/

http://asmarantaka.wordpress.com/2012/01/10/disaat-bajaj-pulsar-terkena-sesatnya-sirbo-dan-kearogansian-kurang-kentjang-yah/

131 KOMENTAR

  1. Nek rotator e warna putih piye ki? Soale pernah lihat club jazz pake rotator warna putih, kalo diliat dari uu nya sih warna putih belum ada aturannya ya?

  2. gak dinyana banyak amat.. mending dana buat beli sirbo dialokasikan ke hal yg lebih bermanfaat..

  3. tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot
    tttttttttttooooooooooooooooooooooooootttttttt
    tot

  4. sip gan,,,
    mantab yg mx nya pasti bakalan klenger yg mendengar,,,

    trs durenya bagi donk gan,,,

    yg jelas no sirbo, no toak eh salah toa, dll,,,
    mari kita dukunng yg gak pake,,, yg pake ngak di dukung,,,

  5. om itu gambar motor yang di atasnya gambar motor tiger biru, yakin tuh strobo? bukan lampu foglamp ato lampu tembak?

  6. ajibsss…
    perlu kesadaran para biker… ●๋•нι..нι..нι..●๋•
    °¹… ²… ³….Kaboerrrr
    »       

  7. yang jelek jelek2 jangan ditiru………………………..
    mungkin pengguna assesoris tersebut dulu bercita2 jadi patwal tapi gak kesampain……………………….

  8. pasang perabotan lenong buat cari tambahan pas ngumpul kali kang.. skalian manggung, xixixixi.. ^^
    mestinya pihak kepolisian juga langsung menindak saat melihat ada pengendara yang pake perabotan begituan di motornya.. IMHO

  9. setuju mas bro..jalan milik bersama, ora dalane mbah e dewe2…podo2 bayar pajek, podo2 golek duit…hormat lah pada kami2 yg ga mau dan ga mampu beli strobo, sirene dan tetek bengek lainnya yg esensi nya ga ada sama sekali…di motor yg ada jg brenjeng buat bawa tahu…mgkn ini yg jadi inspirasi motor2 gede buat touring, belakangnya bisa buat naruh tahu…walopun dikawal polisi patwal, tetap aja mas bro, haram…sirene itu boleh bunyi kalo yg lewat ambulans, pemadam kebakaran dan hal2 yg esensi nya mmg penting utk byk org…kalo mau cari perhatian di jalan…telanjang aja mas bro, dijamin byk yg liatin dan respect…dikira bakal disegani pake strobo dan sirene..mending disumpahi..nek disantet rep kepiye?salam segawon…

  10.  ​​​-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ mantap deh… Tp nglanggar peraturan sedikit gpp lah,, biar xxx ada kerjaan’a,,
    Kan peraturan di buat untuk di langgar,, klu ga ada yg nglanggar peraturan penjara sepi,xxx jd makan gaji buta dong..!!!

  11. mantap tuh brayyyyy toa mesjidnya….. ane jadi kepengen masang toa masjid di sepeda ane…… wkwkwkwkwkwkwkw

  12. masih banyak juga tuh di daerah ane yang pake peralatan lenong.. ngakunya z club/komunitas gede…tapi…hadooohh…

  13. motor motor dia, ngapain lo pada ributin…mau pake petromak sekalian urusan dia…..kesenengan orang beda beda BUNG…beli nya juga bukan pake uang lo pada

      • Jangan gitu om pake toa itu gpp cuman dibuat kepentingan aja kalau gk penting gk usah di bunyikan om , ya mungkin kita bisa koreksi diri dulu lah kita ngomong gitu apa kita gk pernah buat pelanggaran banyak Lo om pelanggaran , termasuk berhenti di garis sebracross itu juga banyak di Indonesia om pasti om juga pernah ngelakuin pasti itu ya kita kembali koreksi diri masing masing aja lah.

  14. Saya sebagai biker Jatim setuju bro dg semua aturan yg belaku……..
    cuma boleh juga tu aturan di sosialisasikan ke IMI sebagai induk dari organisasi motor krn sy yakin IMI juga tidak buta dg soal itu dan didlm IMI banyak para anggota yg bayar iuran yg artinya mungkin IMI juga mempunyai aturan yg sdh di adopkan ke pihak2 terkait…………………
    dan satu lagi jika aturan itu emang mau tertib…….tertibkan juga para penjualnya jadi kita2 ini tdk akan memakai klu emang sarana tdk ada…..salam BIKERS dan sopan di jalan……….

  15. untung konsep ane fighter jadi ga pake sirbo deh 😀
    mau rombongan, minta jalan pake sirbo udah ga jaman bro, kita cukup klakson dan sapa dengan sopan juga orang udah ngerti. tapi ga arogan, karena jalan bukan punya satu orang tapi punya masyarakat banyak. salut gan. keep brotherhood buat brother2 semuanya dan selalu sopan d jalan 😀

  16. Gan di undang2 hnya lampu dan sirene yg ada ketentuannya klo toanya kok g disebutkan ! Klo toanya dimodif sirineny g aktifkan hanya ambil suara klaksonny bisa kan gan ?

  17. makasih atas artikelnya bang, ane salah satu member yvc, ngeliat temen2 pasang sirbo ane juga awalnya ada niat pengen masang, tapi abis baca2 artikel + undang2nya niat itu ane urungin..biarin deh vixi ane modif biasa2 aja mengingat klub itu cuma sebatas hobi 🙂

  18. Kalau saya pribadi malah menolak aturan ini, kalau utk keselamatan klub dan minta prioritas jalan…why not ???

  19. good share…masih banyak club-club kendaraan bermotor yang tidak mengetahui aturan ini, dan merupakan kewajiban bagi pengurus club-club bermotor untuk melakukan sosialisasi kepada anggotanya mengenai aturan penggunaan lampu dan sirine. Kalau seandainya memang butuh keamanan club di jalan raya ketika konvoi atau turing, silahkan melakukannya sesuai prosedur, misalnya dengan mempergunakan jasa PATWAL petugas kepolisian atau urus saja izin penggunaan perabotan semacam sirine dan lampu strobonyanya itu sekalian (kalau seandainya bisa). Pernah kejadian di solo, kendaraan saya dicegat oleh konvoi club bermotor yang mempergunakan strobo dan sirine..hehe..saya malah geleng-geleng kepala..jalanan sebesar itu, apakah perlu menghalangi laju kendaraan lain yang melaju di jalurnya dengan pelan?? Sungguh Arogansi yang tidak santun. Kebetulan Kendaraan yang saya gunakan adalah kendaraan operasional kedinasan di instansi saya, yang dilengkapi dengan strobo dan sirine juga…haha..kalau saya mau, bisa saya kejar pakai sirine dan strobo itu koq, haha.. bisa saya giring sampai pos polisi terdekat… tapi buat apa?? karena peralatan yang ada pada kendaraan yang saya gunakan hanya diperuntukkan untuk kondisi-kondisi tertentu saja. jika saya laporkan dan semua kendaraan itu bisa dikandangkan dan izin clubnya bisa dibekukan koq..haha..tapi ya sudahlah…masyarakat indonesia memang masih banyak yang buta hukum, kasihan juga. orang buta kan memang ga bisa melihat, paling kalau udah kejadian, kemudian dilaporkan, kemudian ditangkap baru deh bisa melihat dan bilang “saya menyesal.”

  20. memang yg namanya aturan musti di jalanin, apalg terkait aturan lalin, mengingat kita2 adalah bikers yg pastinya “hidupnya di jalanan”…tp kl mengingat banyaknya bikers dan klub, yg notabene sering ngadain acara2 tour, mungkin emang lbh pas minta bantuan patwal…terkait lampu rotatornya, spy mengakomodir kebutuhan mrk2 yg doyan begituan, knp polisi g revisi aja undang2 lalin terkait warna lampunya, brgkali kasih dah warna ijo ato putih, asal g menyilaukan…kan bs tuh…trus bikin aturan konvoi hrs pk patwal, kl ngga bekukan klubnya…kan sama2 enak…yg konvoi bs tertib, g ngganggu pemake jln lain, aman d jalan…win2 solution lah…

  21. Kalo kata om Dyan Dilato mah: “Pakai sirine atau strobo, sama aja nunjukin kalo kita gak punya skill!”

    [youtube=http://www.youtube.com/watch?v=R7-xZ9DDN1g&w=560&h=315]

  22. maaf sebelumnya …..
    bukan bermaksud menyindir atau bagaimana mestinya ya Bro & sist…

    Saya Juga BIKERS yang mtor di lengkapi TOA DM PM & jua STROBO merah biru…

    [ semua itu digunakan pada waktu tertentu ]
    sho??

    pada saat kami mengkawal RELAWAN BENCANA , ACARA tertentu

    apabila tidak ada acara saya tutup dengan kalin Hitam
    POLISI bilang Ok Ok saja……

    kata pak polisi [ Boleh menambahi asal jangan mengurangi ]

  23. Yang pake strobo,silahkan,kagak ya jangan usil…
    Bikin silau mata?????tegur dong tuh pengendara’y…
    Kayak ane nich,ane timpuk tuh montor atawa mobil yg pake lampu hid…bikin silauu men..
    Ane kgak pake strobo,tp ane kgak anti sama org yg pke strobo..
    Mank tuh polisi kgak liat lampu2 hid abal2 yg dpake mongtor atau mobil lebih berbahaya??? Buta x yeee

  24. lu aj yg bego…qta buat itu bkan ingin mnang sendri ato jalanan adalh mlik qta.tp bnyak pengguna jalan(kndaraan roda 4)contoh mobil/truck brani mndahului kndaraan d depan dngan mlewati jalur kanan(brlawanan arah)padahal dalam kondisi d depan ada kendaraan roda dua.lu tu kalo mo posting pikir dulu.

  25. ane pengguna motor dan menggunakan strobo, ane sangat merasakan pentingnx menggunakan strobo pada perjalanan malam krna banx sekali pengendara mobil sekarang yg ugal ugalan, hanx dengan isyarat lampu standart tidaklah cukup untuk memberi peringatan bahwa di arah berlawanannx ada pengendara motor dan langsung mencuri jalur untuk mendahului kendaraan di depan mereka sehingga pengendara motor pun harus menanggung resiko dari ketidak sabaran banyak pengendara mobil. saat ane menambah lampu strobo sebagai isyarat cahaya pada malam hari, ternxta sangat ampuh untuh mengulurkan niat pada pengendara mobil yg berancang” mendahului kendaraan di depanx, sehingga ane pengguna motor tak lagi harus mengambil resiko keluar atau turun dari badan jalan yg kita tidak tahu bener apaka ada lobangan atau tidak. ini pengalaman saya……..(y)

  26. malam sabtu kemarin sangat resah banget… dr surabaya ke blitar tengah perjalanan porong, aku pusing sama lampu tembaknya padahal jam 8 malam itu lumayan padat pengguna jalan… di plat nomernya dan tulisan ”komunitas sirine & toa” jalan mreka terlalu memaksa pengguna… mreka cuma 3motor saya buntuti aja kelakuan mreka, seperti maksa minta jalan… saya tanyai yg paling belakang, ”mau keluar kota kah?” ternyata tidak mreka mreka pulang daerah sekitar porong aja… saya aja pake kaze standar tanpa lampu tembak aja bisa nempuh 3,5jam surabaya kenjeran-wlingi blitar… sering saya bareng sama rombongan senter parkir, kalo macet terkesan gak mau antri tapi kalo jalan lur kota yg sepi malah jalannya motor kayak kakek2 saya buntuti gak ada yg kecepatan 50km… sangat meresahkan

  27. mohon maaf mas saya juga kendara motor yang memakai strobo dan toa,saya paham ada undang undangnya kok mas mas sekalian tapi itu saya gunakan dalam hal yg di perlukan gk pake dalam hal buat gaya gayaan mas kalo saya berkendara strobo dan toa gk saya gunakan lah toh itu saya berkendara sendiri,apalagi kalo tau jakarta kan itu suka macet dan banyak pengendara ugal dan gk mau ngalah lagi yg penting mah sopan mas dalam berkendara maaf aja ya mas

  28. daripada yg pake TOA dan sirene tapi digunakan buat bisnis mesikpun itu yg memang wajib di undang-undang. Klub motor saya menggunakan strobo salah satunya untuk membuka jalan bagi ambulans yg lewat diantara kemacetan. Catet itu!

  29. jalan itu milik bersama, semua memiliki hak yang sama dan setara diberi perkecualian yang telah tertera di undang undang… touring kok keburu buru sih om… ane ngga pake strobo n sirine juga sampe palembang dari jogja… biker smart dont use sirbo….cmiw

  30. Ane mau nanya ama smua mas bro trlepas dr anak club motor…

    Ini alasan ane kenapa pake klakson toet toet polisi dan sirene..
    Pengguna jalan sekarang baik yg standaran atau pun yg dimodif (klakson toa,sirine,knalpot bobokan dll)
    1. bawa motor smua gw…pas mau nyalip atau bergeser dari kiri kekanan atau sebaliknya..gak prnh lht kendaraan lain baik dr spion atau pun langsung..
    Alhasil kndaraan lain kagok n ngerem ngedadak..
    2. Keluar dri gang atau jalan kecil ke jalan utama maen babat alias langsung keluar g pake berhenti bt lht ada kendaraan.lain atau kagak..
    3. Nyalip skalipun.udah pake sopan santun udh ikutin UU brlalulintas kagak ngaruh atau dikasih jalan.. alias “gw mau pelab tp lu g boleh nyusul gw”
    4. Skrg byk pngendara pakai lampu mengarah ke pengendara berlawanan yg mnjadikan itu silau (dikasih klakson malah balik klakson)

    Itu alasan ane pake lampu tembak pas muka n pasang lampu hazard biru.
    Pake klakson TOA juga..

    Ini dr pikiran ane aza…
    Klo setiap org mengerti dan paham aturan brlalu lintas. Apa kegunaan spion..apa kegunaan lampu sein..saling.menghormati sesama pengguna jalan (diberi kode klakson standar maka jika memang kita bisa kasih jalan yo kasih)
    Sbenernya jika smua org ikuti aturan yg berlaku..
    Ane yakin agan sang penulis kagak bakalan nulis tentang aksesoris klakson TOA n Strobo n.UU nya…
    Napa karna kagak bakalan ada yg beli tu barang..

    Nah ampe saat ini ane masih pasang dimotor smua nya..dan bermanfaat…
    Ane bakalan lepas dengan satu catatan smua org sudah mengerti aturan berLalulintas..

    Nih kejadian td siang..
    Ane mau nyalip bapak bapak…
    Ane klakson pake klakson standar..kagak di kasih jln padahal dia tinggal minggir dikit..
    Jd ane susul dri kiri..eeh dia marah ngumpat bilang anjing g tau aturan nyalip dari kiri..
    Jd ane berhenti bt biarin dia duluan lg…
    Ane coba metode yg sopan..
    Klakson lg n sein jg ke kanan…
    Kagak di kasih jln jga…
    Ane salip lg dr kiri tp g ane tancap gas cuman ane sejajarin motor…dia ngumpat lg sama…
    Ya ane bilang loe budeg gw mnt jln ke kanan loe kagak ngasih..gw salip dri kiri loe marah..
    Jd salah gw…salah emak gw…salah nenek kakek gw gitu…

    Salam sopan n pahami aturan berlalulintas KESELURUHANNYA TIDAK hanya sebagian ok brow…

    • Siiip…. mantap mas bro. Saya rasa kata2 itu yg saya tunggu… buat mewakili semua pengendara yg taat & tertib untuk mengingatkan semua pengendara yg tidak taat & tidak tertib. Di tempatku slonongboy, zig zag, gak pakai lampu gak pakai spion… sampai HID seperti budaya…. tapi itu bukan aku

  31. Saya anggota club motor,saya pakai strobo dan doblle toa,saya tau undang” nya,saya paham aturan pemakaian nya karna sudah di kasih wejangan dari polres di daerah saya,,coba di comend foto” saya di akun FB,IG saya min..

  32. Bener bang, saya juga pake Storobo dan Toa, dan saya di izini karna mengurus surat2 kepenggunaa/keperluan untuk alat2 itu,
    Club/Komunitas buka hanya untuk hobi berkendara saja, tapi ada sosialnya juga, jadi sangat membatu menggunakan Storobo dan toa saat pengawalan acara, membatu yang terkena bencana alam, dan penggunaan saat touring juga sangat membatu, karna kita membawa rombongan,

Tinggalkan Balasan